Friday, March 26, 2021

SOAL SIMULASI PPPK STANDAR ISI 1-10 Lengkap dengan Kunci Jawaban

 


 



1. Pak Budi bertugas di sekolah yang memilikiVisi “MembentukGenerasi Yang Beriman, Berprestasi, MenguasaiIptekdanPeduliLingkunganHidup”.Dalamupayamengimplementasikanvisi“PeduliLingkunganHidup”, tindakan yang paling sesuaidengantugasdankewenangan Pak Budi sebagai guru di sekolahtersebutadalah....

A.    mengundangahlitatatamanuntukmenghiaslingkungansekolah agar indahdanmenarik

B.    melibatkankomitedanwali murid untukmembantumenciptakanlingkungansekolahasridanindah

C.    bersamadenganrekan guru yang lain membuattamansekolah, agar siswabetah di sekolah.

D.   mengusulkankepadakepalasekolah agar mengikutilombasekolahsehatdanberwawasanlingkungan

E.    mengintegrasikanpendidikankepedulianterhadaplingkunganpadasetiappembelajaran yang disampaikan.

 

2.    Pengembangankompetensisikap spiritual dansikapsosialdalamkurikulum 2013, dapatdilaksanakanmelaluiPembelajaranlangsung (direct teaching).maupunpembelajarantidaklangsung (indirect teaching).

Berikutinimatapelajaranyang mengembangkankompetensisikap spiritual dansikapsosial yang dilakukanhanyadenganindirect teaching:

A.    Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA

B.    SBdP, Pendidikan Agama, danMatematika

C.    PPKn, IPA dan Bahasa Indonesia

D.   Pendidikan Agama, PJOK dan IPS

E.    PPKn, MatematikadanSBdP

 

  1. Pendekatansaintifikmerupakansalahsatupendekatanpembelajaran yang menunjukkancirikurikulum 2013. Kegiatanberikut yang bukanmerupakanaktivitasmengamatidalamsaintifikadalah ....

A.    membacadanmemahamibacaan

B.    mendengarkanpenjelasan guru

C.    memperhatikantanyanganmaterilewatlayarLCD

D.   mencermatisuatudemonstrasipenggunaanalat

E.    memperhatikanpermainanperan yang diperagakantemannya

 

4.    RPP disusunberdasarkan KD atausubtema yang dilaksanakansatu kali pertemuan. Mendikbudtelahmengeluarkankebijakanuntukmenyederhanakannyadenganistilah RPP satulembar. Berikutsusunankomponen RPP satulembar yang benar ...

A.    tujuanpembelajaran  – materipembelajaran – penilaian

B.    kompetensidasar  – tujuanPembelajaran – penilaian

C.    indicator pencapaiankompetensi  – langkah-langkahpembelajaran – penilaian

D.   tujuanpembelajaran  – langkah-langkahpembelajaran – materipembelajaran

E.    tujuanpembelajaran  – langkah-langkahpembelajaran – penilaian

 

5.     Pernyataan di bawahinimerupakanprinsipkurikulum 2013 sesuaidenganStandarKompetensiLulusandanStandar Isi, kecuali  ....

A.  pembelajaranberbasiskompetensi

B.  mengembangkankreativitaspesertadidikdalam prosespembelajaran

C.  keharusanmenggunakanteknologiinformasidankomunikasiuntukmeningkatkan
efisiensidanefektivitaspembelajaran

D.  peningkatandankeseimbanganantaraketerampilanfisikal (hardskills)
danketerampilan mental (softskills)

E.  pembelajaran yang mengutamakanpembudayaandanpemberdayaan
pesertadidiksebagaipembelajarsepanjanghayat

 

6.     Perhatikanpernyataan di bawahini!

~        Mengorganisasikanpembelajaran agar bisaberjalansecara optimal.

~        Dijadikanpedomanuntukmenyusunpromes.

~        Dijadikanpedomandalammenyusunkalenderpendidikan.

~        Digunakansebagaiacuanuntukmengoptimalkanpenggunaanwaktuefektifpembelajaran yang tersedia.

Pernyataan di atasmerupakanfungsidari ....

A.    silabus

B.    progamtahunan

C.    program semester

D.   pemetaan KD

E.    RPP

 

7.    Bu Rina seorangguru kelas 1 sekolahdasar, memahamibahwapesertadidiknyasangatberagamkemampuandasarnya. Sebagianmerupakanlulusan TK yang sudahmengenalhuruf, bahkansudahada yang bisamembaca, tetapisebagianlagisamasekalibelummengenalhuruf.Berdasarkankondisitersebut,dalammenyusun RPP, Bu Rina telahmencantumkanberbagaimodel danstrategi yang dipersiapkanuntukpelaksanaanpembelajaranpengenalanmembacapermulaanuntukpesertadidiknya.

Prinsippenyusunan RPP di bawahini yang paling sesuaidengankondisi di atasadalah ....

  1. memperhatikanperbedaan individual pesertadidik
  2. berpusatpadapesertadidik
  3. pengembanganbudayamembacadanmenulis
  4. keterkaitandanketerpaduanantara KDdanmateripembelajaran
  5. penerapanteknologiinformasidankomunikasi

 

  1. Kurikulum 2013 diharapkanmampumembekalipesertadidikdenganberbagaikompetensiuntukhidupdanmenghadapitantangan masa yang akandatang. KompetensitersebutdikenaldenganistilahKompetensiabad 21. Salah satutujuannya agar setiappesertadidikmenjadiindividu yang memilikikemampuanfleksibilitas,adaptabilitasdanmampuberinteraksilintasbudaya.Kemampuantersebutmerupakanbentukkompetensiabad 21 dalam ....

A.     belajardanberinovasi

B.     literasidannumerasi

C.     kecakapanhidup

D.     penguatankarakter

E.      berfikirkritis

 

  1. PenguatanPendidikanKarakter (PPK) sangatdiperlukandalaminternalisasinilai-nilaikarakterbangsa Indonesia.  Terdapat lima nilaikarakterutama yang bersumberdari Pancasila, yang menjadiprioritaspengembangangerakan PPK, yakni ....

A.     religius – patriotisme – integritas – kemandirian – gotong-royong

B.     religius – nasionalisme – integritas – teladan – gotong-royong

C.     bertaqwa – nasionalisme – integritas – kemandirian – gotong-royong

D.     religius – nasionalisme – integritas – kemandirian – gotong-royong

E.      religius – nasionalisme – integritas – kejujuran – kerjasama

 

  1. Kurikulum yang disusundandikembangkanolehsatuanpendidikantelahmencantumkandanmengaturtentangekstrakurikulerwajibdanpilihan.

Pernyataantersebut di atassesuaidenganprinsippengembangankurikulum ....

A.     Kurikulumdidasarkanatasprinsipbahwasetiapsikap, keterampilan, danpengetahuan yang dirumuskandalamkurikulumberbentukKompetensiDasar .

B.     Kurikulumdidasarkankepadakepentingannasionaldankepentingandaerah.

C.     Kurikulumharusdiarahkankepada proses pengembangan, pembudayaandanpemberdayaanpesertadidik yang berlangsungsepanjanghayat. 

D.     Kurikulumharustanggapterhadapperkembanganilmupengetahuan, budaya, teknologi, danseni.

E.      Kurikulumdikembangkandenganmemberikankesempatankepadapesertadidikuntukmengembangkanperbedaandalamkemampuandanminat.

 

  1. Beban belajarkegiatantatapmuka per jampembelajaranpadamasing-masingsatuanpendidikanberikut yang benaradalah....

A.     SD kelas I – III : 30 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP 40 Menit, SMA/SMK 45 menit

B.     SD kelas I – III : 30 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP 35 Menit, SMA/SMK 40 menit

C.     SD kelas I – III : 30 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP 40 Menit, SMA/SMK 45 menit

D.     SD kelas I – III : 35 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP 40 Menit, SMA/SMK 45 menit

E.      SD kelas I – III : 35 menit, SD kelas IV – VI : 40 menit, SMP 45 Menit, SMA/SMK 50 menit

 

  1. Urutankomponensilabus yang tepatadalah ....

A.    Identitasmatapelajaran – Identitassekolah – KI – KD – Indicator – KegiatanBelajar – Materipokok – Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.

B.    Identitasmatapelajaran – KI – KD – Indicator – Identitassekolah – Materipokok – KegiatanBelajar – Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.

C.    Identitasmatapelajaran – Identitassekolah – KI – KD – Indicator – Materipokok – KegiatanBelajar – Alokasiwaktu – Penilaian  – sumberbelajar.

D.   Identitasmatapelajaran – Identitassekolah – KI – KD – Indicator – Materipokok – KegiatanBelajar – Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.

E.    Identitasmatapelajaran – Identitassekolah – Materipokok – KI – KD – Indicator – KegiatanBelajar – Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.

 

13. (1)   Visi, MisidanTujuanSekolah

(2)   Struktur Program

(3)   Beban Belajar

(4)   Beban Mengajar

(5)   PeraturanSekolah

(6)   KalenderPendidikan

Di bawahini yang tercantumdalamDokumen 1 Kurikulumsekolahadalah ....

A.     (1) – (2) – (5)

B.     (1) – (3) – (6)

C.     (2) – (3) – (4)

D.     (2) – (4) – (6)

E.      (3) – (5) – (6)

 

  1. KriteriaKetuntasan minimal (KKM) dirumuskansetidaknyadenganmemperhatikan 3 (tiga) aspek,yaitu ....

A.    kompleksitas, dayadukungdankarakteristik/tingkatkesulitanMateri

B.    kompleksitas, dayadukungdankondisisiswa/intake

C.    intake/kondisisiswa, dayadukungdanketersediaanalatdansumberbelajar

D.   intake/kondisisiswa, kompleksitasdankarakteristik/tingkatkesulitanMateri

E.    Dayadukung guru, dayadukungalatperagadankondisisiswa/intake

 

  1. TujuanPembelajarandirumuskansecaraspesiļ¬katau detail denganmerujukindikatorpencapaiankompetensi. Berikutcontohrumusantujuanpembelajaran yang kurangbaikyaitu ....

A.    Melaluipengamatangambaralat-alattransportasi, pesertadidikdapatmenggolongkanjenis-jenisalattransportasiberdasarkantempatberoperasinyadenganbenar.

B.    Denganmembacateksbacaan, pesertadidikdapatmenuliskankembali inti bacaan yang dibacanyadenganbenar.

C.    Denganpengamatanpadatayangan video, pesertadidikdapatmemahamiakibatpenebanganhutansecara liar denganbenar.

D.   Melaluiwawancaradenganpetanitentangciri-ciritanamanpadi yang sehat, pesertadidikmembedakanciri-ciritanamanpadi yang sehatdan yang terseranghama,denganbenar.

E.    Denganpenjelasan guru tentangmacam-macamsumberdayaalam, pesertadidikmenyebutkan 3 contohsumberdayaalam yang tidakbisadiperbaharukandenganbenar.

 

KunciJawaban :

1.   E             6.  B              11. D

2.   A             7.  A              12. D

3.   B             8.  C              13. B

4.   E             9.  D              14. B

5.   C          10.  E              15. C

 

 

No comments:

Post a Comment