1. Pak Budi
bertugas di sekolah yang memilikiVisi “MembentukGenerasi Yang Beriman,
Berprestasi, MenguasaiIptekdanPeduliLingkunganHidup”.Dalamupayamengimplementasikanvisi“PeduliLingkunganHidup”,
tindakan yang paling sesuaidengantugasdankewenangan Pak Budi sebagai guru di
sekolahtersebutadalah....
A. mengundangahlitatatamanuntukmenghiaslingkungansekolah
agar indahdanmenarik
B. melibatkankomitedanwali
murid untukmembantumenciptakanlingkungansekolahasridanindah
C. bersamadenganrekan
guru yang lain membuattamansekolah, agar siswabetah di sekolah.
D. mengusulkankepadakepalasekolah
agar mengikutilombasekolahsehatdanberwawasanlingkungan
E. mengintegrasikanpendidikankepedulianterhadaplingkunganpadasetiappembelajaran
yang disampaikan.
2. Pengembangankompetensisikap spiritual dansikapsosialdalamkurikulum
2013, dapatdilaksanakanmelaluiPembelajaranlangsung (direct teaching).maupunpembelajarantidaklangsung (indirect teaching).
Berikutinimatapelajaranyang
mengembangkankompetensisikap spiritual dansikapsosial yang dilakukanhanyadenganindirect teaching:
A. Matematika,
Bahasa Indonesia dan IPA
B. SBdP, Pendidikan
Agama, danMatematika
C. PPKn, IPA dan
Bahasa Indonesia
D. Pendidikan
Agama, PJOK dan IPS
E.
PPKn, MatematikadanSBdP
- Pendekatansaintifikmerupakansalahsatupendekatanpembelajaran
yang menunjukkancirikurikulum 2013. Kegiatanberikut yang bukanmerupakanaktivitasmengamatidalamsaintifikadalah
....
A. membacadanmemahamibacaan
B. mendengarkanpenjelasan
guru
C. memperhatikantanyanganmaterilewatlayarLCD
D. mencermatisuatudemonstrasipenggunaanalat
E. memperhatikanpermainanperan
yang diperagakantemannya
4.
RPP disusunberdasarkan KD
atausubtema yang dilaksanakansatu kali pertemuan.
Mendikbudtelahmengeluarkankebijakanuntukmenyederhanakannyadenganistilah RPP
satulembar. Berikutsusunankomponen RPP satulembar yang benar ...
A.
tujuanpembelajaran
– materipembelajaran – penilaian
B.
kompetensidasar –
tujuanPembelajaran – penilaian
C.
indicator pencapaiankompetensi – langkah-langkahpembelajaran – penilaian
D.
tujuanpembelajaran
– langkah-langkahpembelajaran – materipembelajaran
E. tujuanpembelajaran – langkah-langkahpembelajaran – penilaian
5.
Pernyataan di bawahinimerupakanprinsipkurikulum
2013 sesuaidenganStandarKompetensiLulusandanStandar Isi, kecuali ....
A. pembelajaranberbasiskompetensi
B. mengembangkankreativitaspesertadidikdalam
prosespembelajaran
C. keharusanmenggunakanteknologiinformasidankomunikasiuntukmeningkatkan
efisiensidanefektivitaspembelajaran
D.
peningkatandankeseimbanganantaraketerampilanfisikal
(hardskills)
danketerampilan mental (softskills)
E. pembelajaran yang
mengutamakanpembudayaandanpemberdayaan
pesertadidiksebagaipembelajarsepanjanghayat
6.
Perhatikanpernyataan di bawahini!
~
Mengorganisasikanpembelajaran
agar bisaberjalansecara optimal.
~
Dijadikanpedomanuntukmenyusunpromes.
~
Dijadikanpedomandalammenyusunkalenderpendidikan.
~
Digunakansebagaiacuanuntukmengoptimalkanpenggunaanwaktuefektifpembelajaran
yang tersedia.
Pernyataan di
atasmerupakanfungsidari ....
A.
silabus
B. progamtahunan
C.
program semester
D.
pemetaan KD
E.
RPP
7. Bu Rina seorangguru
kelas 1 sekolahdasar, memahamibahwapesertadidiknyasangatberagamkemampuandasarnya.
Sebagianmerupakanlulusan TK yang sudahmengenalhuruf, bahkansudahada yang bisamembaca,
tetapisebagianlagisamasekalibelummengenalhuruf.Berdasarkankondisitersebut,dalammenyusun
RPP, Bu Rina telahmencantumkanberbagaimodel danstrategi yang dipersiapkanuntukpelaksanaanpembelajaranpengenalanmembacapermulaanuntukpesertadidiknya.
Prinsippenyusunan RPP di bawahini
yang paling sesuaidengankondisi di atasadalah ....
- memperhatikanperbedaan
individual pesertadidik
- berpusatpadapesertadidik
- pengembanganbudayamembacadanmenulis
- keterkaitandanketerpaduanantara
KDdanmateripembelajaran
- penerapanteknologiinformasidankomunikasi
- Kurikulum 2013
diharapkanmampumembekalipesertadidikdenganberbagaikompetensiuntukhidupdanmenghadapitantangan
masa yang akandatang. KompetensitersebutdikenaldenganistilahKompetensiabad
21. Salah satutujuannya agar setiappesertadidikmenjadiindividu yang
memilikikemampuanfleksibilitas,adaptabilitasdanmampuberinteraksilintasbudaya.Kemampuantersebutmerupakanbentukkompetensiabad
21 dalam ....
A. belajardanberinovasi
B.
literasidannumerasi
C. kecakapanhidup
D.
penguatankarakter
E.
berfikirkritis
- PenguatanPendidikanKarakter
(PPK) sangatdiperlukandalaminternalisasinilai-nilaikarakterbangsa
Indonesia. Terdapat lima nilaikarakterutama yang bersumberdari
Pancasila, yang menjadiprioritaspengembangangerakan PPK, yakni ....
A.
religius
– patriotisme – integritas – kemandirian – gotong-royong
B.
religius
– nasionalisme – integritas – teladan – gotong-royong
C.
bertaqwa
– nasionalisme – integritas – kemandirian – gotong-royong
D.
religius – nasionalisme –
integritas – kemandirian – gotong-royong
E.
religius
– nasionalisme – integritas – kejujuran – kerjasama
- Kurikulum yang disusundandikembangkanolehsatuanpendidikantelahmencantumkandanmengaturtentangekstrakurikulerwajibdanpilihan.
Pernyataantersebut di
atassesuaidenganprinsippengembangankurikulum ....
A. Kurikulumdidasarkanatasprinsipbahwasetiapsikap,
keterampilan, danpengetahuan yang
dirumuskandalamkurikulumberbentukKompetensiDasar .
B. Kurikulumdidasarkankepadakepentingannasionaldankepentingandaerah.
C. Kurikulumharusdiarahkankepada proses pengembangan,
pembudayaandanpemberdayaanpesertadidik yang berlangsungsepanjanghayat.
D. Kurikulumharustanggapterhadapperkembanganilmupengetahuan,
budaya, teknologi, danseni.
E. Kurikulumdikembangkandenganmemberikankesempatankepadapesertadidikuntukmengembangkanperbedaandalamkemampuandanminat.
- Beban belajarkegiatantatapmuka per
jampembelajaranpadamasing-masingsatuanpendidikanberikut yang benaradalah....
A. SD
kelas I – III : 30 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP 40 Menit, SMA/SMK 45
menit
B. SD
kelas I – III : 30 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP 35 Menit, SMA/SMK 40
menit
C. SD
kelas I – III : 30 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP 40 Menit, SMA/SMK 45
menit
D. SD kelas I – III : 35 menit, SD kelas IV – VI : 35 menit, SMP
40 Menit, SMA/SMK 45 menit
E. SD
kelas I – III : 35 menit, SD kelas IV – VI : 40 menit, SMP 45 Menit, SMA/SMK 50
menit
- Urutankomponensilabus yang tepatadalah ....
A. Identitasmatapelajaran
– Identitassekolah – KI – KD – Indicator – KegiatanBelajar – Materipokok –
Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.
B. Identitasmatapelajaran
– KI – KD – Indicator – Identitassekolah – Materipokok – KegiatanBelajar –
Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.
C. Identitasmatapelajaran
– Identitassekolah – KI – KD – Indicator – Materipokok – KegiatanBelajar –
Alokasiwaktu – Penilaian –
sumberbelajar.
D. Identitasmatapelajaran – Identitassekolah – KI – KD –
Indicator – Materipokok – KegiatanBelajar – Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.
E. Identitasmatapelajaran
– Identitassekolah – Materipokok – KI – KD – Indicator – KegiatanBelajar –
Penilaian – Alokasiwaktu – sumberbelajar.
13. (1) Visi,
MisidanTujuanSekolah
(2) Struktur Program
(3) Beban Belajar
(4) Beban Mengajar
(5) PeraturanSekolah
(6) KalenderPendidikan
Di bawahini yang tercantumdalamDokumen 1
Kurikulumsekolahadalah ....
A. (1)
– (2) – (5)
B. (1) – (3) – (6)
C. (2)
– (3) – (4)
D. (2)
– (4) – (6)
E. (3)
– (5) – (6)
- KriteriaKetuntasan
minimal (KKM) dirumuskansetidaknyadenganmemperhatikan
3 (tiga) aspek,yaitu ....
A. kompleksitas,
dayadukungdankarakteristik/tingkatkesulitanMateri
B. kompleksitas, dayadukungdankondisisiswa/intake
C. intake/kondisisiswa,
dayadukungdanketersediaanalatdansumberbelajar
D. intake/kondisisiswa,
kompleksitasdankarakteristik/tingkatkesulitanMateri
E. Dayadukung
guru, dayadukungalatperagadankondisisiswa/intake
- TujuanPembelajarandirumuskansecaraspesiļ¬katau
detail denganmerujukindikatorpencapaiankompetensi.
Berikutcontohrumusantujuanpembelajaran yang kurangbaikyaitu
....
A. Melaluipengamatangambaralat-alattransportasi,
pesertadidikdapatmenggolongkanjenis-jenisalattransportasiberdasarkantempatberoperasinyadenganbenar.
B. Denganmembacateksbacaan,
pesertadidikdapatmenuliskankembali inti bacaan yang dibacanyadenganbenar.
C. Denganpengamatanpadatayangan video, pesertadidikdapatmemahamiakibatpenebanganhutansecara
liar denganbenar.
D. Melaluiwawancaradenganpetanitentangciri-ciritanamanpadi
yang sehat, pesertadidikmembedakanciri-ciritanamanpadi yang sehatdan yang
terseranghama,denganbenar.
E. Denganpenjelasan
guru tentangmacam-macamsumberdayaalam, pesertadidikmenyebutkan 3
contohsumberdayaalam yang tidakbisadiperbaharukandenganbenar.
KunciJawaban
:
1. E 6. B 11. D
2. A 7. A 12. D
3. B 8. C 13. B
4. E 9. D 14. B
5. C 10. E 15. C
No comments:
Post a Comment